Nama   :   Hanggar Hardiyudha

NPM    :   29210265

Kelas    :   2EB04

Koperasi sebagai organisasi bisnis yang sangat berpotensi memajukan kesejahteraan ekonomi masyarakat perlu dilakukan pembinaan khususnya di pedesaan. Pengembangan koperasi di pedesaan masih sulit mengingat rata-rata kualitas SDM di pedesaan lebih rendah dari kualitas SDM di perkotaan. Buruknya pelayanan koperasi terhadap anggota maupun non-anggota mengakibatkan rendahnya partisipasi anggota terhadap usaha koperasi. Selain itu, koperasi di pedesaan lebih banyak bergerak dalam bidang simpan pinjam bukan pada kegiatan usaha produktif. Dengan pengembangan koperasi yang bergerak  di bidang produktif inilah yang diharapakan akan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa sehingga dapat mengurangi tingkat urbanisasi.

Lain halnya dengan kondisi koperasi di pedasaan yang masih belum berkembang, di perkotaan keadaan koperasi malah terdesak, karena begitu banyaknya usaha swasta yang semakin mendominasi. Padahal idelanya koperasi mampu berperan sebagai soko guru perekonomian nasional. Meningkatnya kinerja koperasi diharapkan mampu memperbaiki kinerja perekonomian nasional dan menjadi kekuatan ekonomi yang mampu mendongkrak keberadaan penduduk yang masih hidup di bawah garis kemiskinan.

Mengembangkan jaringan kerja koperasi dapat memeperkuat kemampuan dalam berbisnis, sekaligus meningkatkan kualitas dan kuantitas misi sosial. Salah satu contohnya ialah dalam program penyaluran kredit usaha baik untuk petani, pedagang kecil atau industri seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) jangkauannya diperluas.

Dalam menghadapi persaingan, koperasi harus melakukan strategi-strategi yang umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan modern (non-koperasi) seperti penggabungan dua atau lebih koperasi, akuisisi, atau kerjasama, tidak hanya antar koperasi tetapi juga dengan perusahaan-perusahaan non-koperasi; diversifikasi produksi, spesialisasi, penerapan teknologi informasi, terutama untuk manajemen operasi dan komunikasi elektronik dengan pembeli dan pemasok. Dalam hal ini Pemerintah bisa memfasilitaskan upaya-upaya tersebut.