Manfaat komputer dalam kehidupan sehari-hari sangat banyak dan sangat membantu mempermudah penggunanya untuk tujuan tertentu. Pemanfaatan komputer di berbagai bidang mempunyai karakteristik masing-masing.

Di dalam bidang pendidikan misalnya. Dengan  adanya komputer dapat mempermudah pegawai administrasi  sekolah untuk membuat kurikulum pengajaran, jadwal pelajaran sekolah, daftar nama siswa, membuat daftar nilai siswa, membuat absen siswa, dan membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi Pendidikan lewat Internet untuk para siswa dapat membantu meyelesaikan tugas.

Selanjutnya pada bidang percetakan. Percetakan koran, majalah, buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang dioperasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar. Ini bisa menghemat waktu dan biaya. Seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia, membutuhkan banyak tenaga untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama untuk menyelesaikan. Dengan bantuan komputer penyetakan koran, majalah, dan sebagainya menjadi lebih mudah dan up-to date.

Komputer juga banyak digunakan dalam bidang industri rekaman. Untuk menghasilkan suara yang bagus perlu pengaturan rekaman dan modifikasi suara dengan media komputer, serta mencetak lagunya pun perlu dibantu dengan sistem komputer. Untuk mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk memproses pembakaran (burning) CD sehingga bisa merekam suara dengan kualitas sangat baik.

 

Nama   : Hanggar Hardiyudha

NPM   : 29210265

Kelas   : 1EB17

Ref.     : http://www.aforumfree.com